Tips Menemukan Ide Menulis Artikel Menggunakan Metode MindMap

Tips Menemukan Ide Menulis Artikel Menggunakan Metode MindMap

Sobat Blogger, kali ini BlogSukses akan berbagi tips bagaimana menulis artikel dengan menggunakan MindMap. Tidak bermaksud untuk menggurui, atau mengajarkan. Karena saya yakin teman-teman semua tentu sudah sangat profesional dalam menulis di blog. Namun yang ingin saya berikan disini hanya sedikit tips yang mudah-mudahan bermanfaat untuk kita semua.

Sobat Blogger, tentu tau bahwa menulis di blog adalah merupakan kegiatan wajib yang harus dilakukan. Karena salah satu tujuan kita membuat sebuah blog adalah menjadikan blog sebagai media untuk menyalurkan ide dan gagasan kita melalui suatu tulisan yang kemudian kita publish di blog. Agar tulisan kita dibaca oleh banyak orang. Bagi sebagian teman-teman blogger, menulis mungkin merupakan suatu kegiatan yang sangat menyenangkan, tapi ada juga menulis merupakan kegiatan yang membosan, melelahkan, bahkan untuk mendapatkan ide dan mengembangkannya pun sulit.

Nah.. pada kesempatan ini, saya akan mencoba untuk berbagi tips menulis menggunakan MindMap (Peta Pikiran). MindMap hanyalah suatu metode untuk memaksimalkan potensi pikiran kita, mengembangkan ide yang kita miliki. Untuk menggunakan MindMap teman-teman bisa menggunakan software yang bisa teman-teman download atau beli. Namun bisa juga teman-teman lakukan secara manual dengan menggunakan pulpen/pensil dan selembar kertas kosong. Berikut ini cara mengembangkan ide kita menggunakan MindMap agar menjadi sebuah tulisan.

Tips Menemukan Ide Menulis Artikel Menggunakan Metode MindMap

1. Pertama yang harus kita lakukan untuk membuat MindMap adalah kita harus menentukan ide utama yang akan kita kembangkan menjadi suatu artikel. Contohnya kita akan membuat artikel tentang "Blog", maka tulis kata blog sebagai ide utamanya, seperti di bawah ini :



2. Setelah teman-teman menentukan ide utamanya, silahkan teman-teman kembangkan beberapa ide yang berkaitan dengan kata blog. Contohnya seperti di bawah ini :



3. Kemudian dari ide-ide pikiran tersebut, bisa teman-teman kembangkan lagi menjadi sub-sub ide yang kemungkinan muncul dan saling berkaitan. Contoh seperti di bawah ini :

 

4. Setelah mengembangkan dari ide utama menjadi sub-sub id, jika teman-teman ingin mengembangkan lagi dari sub-sub ide tersebut tentu menjadi lebih bagus. Tetapi jika dirasa cukup teman-teman bisa langsung mengembangkannya menjadi suatu artikel.

  • Contoh dari peta pikiran di atas, kita ambil sub ide "Manfaat Blog", dari sub ide tersebut kita mencari ide mengenai kalimat yang menjelaskan tentang "manfaat blog", baik dari pengetahuan yang kita miliki atau juga mencari dari internet atau buku.
  • Contohnya, "beberapa manfaat blog yang bisa kita dapatkan, seperti : dapat penghasilan dari blog, dapat berbagi informasi, dapat banyak teman, dan lain-lain". Dari uraian-uraian tersebut tentu bisa teman-teman kembangkan lagi menjadi suatu tulisan yang lebih menarik. Dengan menggunakan metode ini, tentunya dapat membantu kita untuk mengembangkan ide-ide pikiran kita agar menjadi suatu artikel yang menarik, namun semua ini kembali pada kreatifitas kita.

Demikianlah sedikit Tips Menemukan Ide Menulis Artikel Menggunakan Metode MindMap yang bisa saya sampaikan pada kesempatan ini, semoga bermanfaat. Selamat Mencoba

0 Response to "Tips Menemukan Ide Menulis Artikel Menggunakan Metode MindMap"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel